Jumat, 18 Mei 2012

Artikel Ilmiah Fisika Bunyi


       Dunia fisika sangat dekat dengan kehidupan kita.Salah satunya adalah fisika gelombang bunyi yng membuat kita dapat mendengar aneka ragam bunyi.Berikut ini beberapa fisika gelombang bunyi yng patut kita ketahui.


Bunyi Akibat Getaran.


   Bunyi tercipta karena benda bergetar.Sebuah karet gelang yng direntangkan,kemudian dipetik akan bergerak naik turun.Getaran inilah yng dimaksud dengan getaran.Getaran pada permukaan benda dapat menimbulkan bunyi.Permukaan gelas ygn dipukul,pintu yng diketuk,meja yng ditepak akan bergetar dan menimbulkan bunyi.Getaran terjadi sangat cepat dan sulit dilihat tanpa alat bantu.
   Bunyi berbeda karena benda terbuat dari bahan yng berbeda dan mempunyai ketebalan ygn tidak sama.Hal itulah yng menyebabkan perbedaan bunyi botol kosong dan botol berisi cairan.Cairan di dalam botol meredam getaran sehingga bunyinya menjadi lemah.Jika isi cairan dalam botol diatur sedimikian rupa,bunyi dari setiap botol akan menghasilkan bunyi yng teratur atau sering kita sebut dengan nada.



Frekuensi Bunyi.

   Getaran sebuah benda akan menghasilkan bunyi.Benda dapat bergetar cepat atau lambat.Getaran yng lambat akan menghasilkan nada yng rendah.Sedangkan benda yng bergetar dengan cepat akan menghasilkan nada tinggi.
   Dalam fisika gelombang bunyi,jumlah getaran dalam satu detik disebut frekuensi.Frekuensi diukur dengan satuan hertz atau biasa disingkat dengan dua huruf yaitu HZ.Frekuensi 100 HZ artinya terjadi 100 getaran dalam satu detik.
   Sebuah gitar memiliki jenis senar yng berbeda.Ada senar yng tipis,sedang,dan tebal.Perbedaan jenis senar ini akan membuat gitar memiliki frekuensi yng berbeda ketika bergetar.Senar yng tipis akan menghasilkan nada tinggi,sedangkan senar yng tebal akan menghasilkan nada yng rendah.Senar yng bergetar bersamaan akan menghasilkan perpaduan bunyi yng indah.

Perjalan Bunyi.

   Getaran dapat berjalan dengan cara merambat melalui benda padat,benda cair dan benda gas.Bunyi yng kita dengar adlah hasil getaran yng merambat melalui udara.Jika kita menempalkan telinga ke dinding,bunyi yng terdengar akan lebih banyak dan lebih keras.Bunyi akan lebih cepat merambat malalui benda padat atau benda cair,karena partikel pembentuk benda padat dan cair berdekatan sehingga lebih cepat merambat bunyi.
   Bunyi merambat dalam bentuk gelombang.Di udara,gelombang bunyi tidak terlihat.Namun,jika kamu meniup terompet di dalam kolam renang,kamu dapat merasakan gelombang bunyi yng berjalan tersebut.Hewan-hewan laut seperti paus dapat mendengar bunyi dari tempat yng jauh Karena merasakan gelombang bunyi merambat di air.

Mendengar Bunyi.

   Telinga manusia dapat menangkap gelombang bunyi yng merambat melalui udara,air dan benda-benda padat.Bentuk daun telinga yng seperti corong sangat berguna untuk menangkap  bunyi.Bunyi diteruskan melewati saluran telinga sehingga menggetarkan gendang telinga.
Gendang telinga akan menggetarkan tulang-tulang pendengaran,demikian pula cairan di rumah siput.Ujung-ujung saraf di rumah siput akan menyampaikan informasi getaran tersebut ke otak.Dan otak akan menerjemahkan informasi getaran sebagai bunyi dari sumber tertentu.
   Saluran telinga mempunyai banyak kelenjar yng menghasilkan zat seperti lilin yng disebut serumen.Kita sering menyebut serumen sabagai kotoran telinga.Serumen berguna untuk melindungi telinga dari kerusakan dan  infeksi kuman.
   Serumen akan menumpuk dalam liang telinga,mengering dan akan keluar malalui lubang telinga sambil membawa bahan-bahan yng tertangkap olehnya seperti debu dan partikel kecil lainnya.Terlalu sering membersihkan telinga justru kurang baik untuk kesehatan telinga.




Gema.

   Gema terjadi jika bunyi dipantulkan oleh suatu permukaan,seperti tebing pegunungan,dan kembali kepada kita segera setelah bunyi asli dekeluarkan.Kejernihan ucapan dan musik dalam ruangan atau gedung konser tergantung pada cara bunyi bergaung di dalamnya.Suara gema merupakan efek suara pantulan yng mengalami penundaan waktu dari pantulan suara setelah suara asli kita dengar.
   Bunyi  atau  suara adalah kompresi mekanikal atau gelombang longitudinal yng merambat melalui medium.Medium atau zat perantara ini dapat berupa zat cair,padat,gas.Jadi,gelombang  bunyi dapat merambat misalnya di dalam air,batu bara,atau udara jadi,gema adalah gelombang pantul yng mengalami penundaan waktu reaksi dari gelombang yng dipancarkan bunyi.

Gelombang Bunyi.

   Gelombang bunyi terdiri dari molekul-molekul udara yng bergetar maju-mundur.Tiap saat,molekul-molekul itu berdesakan di beberapa tempat,sehingga menghasilkan wilayah tekanan tinggi,tapi di tempat lain merenggang,sehingga menghasilkan wilayah tekanan rendah.Gelombang bertekanan tinggi dan rendah secara bergantian bergerak di udara,menyebar dari sumber bunyi.Gelombang  bunyi ini menghantarkan bunyi ke telinga manusia,gelombang bunyi adalah gelombang longitudinal.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar